Definisi Antarmuka
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas antarmuka
atau interface adalah sebuah titik,
wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga
digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Kata interface
kadangkala (biasanya dalam bidang teknik) disingkat menjadi "i/f".
Bentuk kerja dari interface berarti
menghubungkan dua atau lebih benda pada suatu titik atau batasan yang terbagi,
atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.
Kata
interface juga memiliki arti khusus, yaitu:
- antarmuka pengguna adalah fungsi dan
atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak, kendaraan,
dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna. Antarmuka pengguna (bahasa
Inggris: user interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang
berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna
berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem
operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
- Dalam elektronik
dan teknik komputer, sebuah antarmuka dapat
berarti:
- Batasan
fisik dari dua subsistem atau alat.
- Sebuah
bagian atau sirkuit di beberapa subsistem yang mengirim atau menerima
sinyal ke atau dari subsistem lainnya: antarmuka jaringan,
antarmuka video, kartu
network.
- Sebuah
standar yang menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi,
karakteristik interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data
atau signal; antarmuka USB, antarmuka SCSI.
- Dalam telekomunikasi,
sebuah titik interkoneksi antara pengguna peralatan terminaldan fasilitas komunikasi
komersial.
- Dalam teknik software, ia
adalah sebuah spesifikasi dari properti sebuah komponen software yang
komponen lainnya dapat bergantung kepadanya: lihat antarmuka (ilmu
komputer).
- Dalam kimia, ia adalah
permukaan antara dua fase yang berbeda dalah campuran "heterogeneous".
- Dalam geologi, ia
mungkin juga sebuah permukaan atau lapisan "anomalous" antara
dua "epoch" geologikal yang berbeda atau jenis batuan.
Sumber : Wikipedia
bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme
komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User
Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan
informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran
masalah sampai ditemukan suatu solusi.
user interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) danGraphical User Interface(GUI).
user interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) danGraphical User Interface(GUI).
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi
dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan
program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris
tertentu.
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki
nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai
bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS)
memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista,
Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux
sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna
untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon,
menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau
track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (
window, icon, menu, pointing device).
Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fitur itu antara lain:
1.
Head Up Display (HUD)
2. Tangible User
Interface
3. Computer Vision
4. Browsing Audio Data
5. Speech Recognition
6.Speech Synthesis
Sumber
: http://studentsite.gunadarma.ac.id/
PEMBAHASAN
Antarmuka
adalah pembatas secara fisik dari dua subsistem atau alat. Antarmuka merupakan
sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Dalam antarmuka
terdapat dua jenis,yaitu CLI(Command Line Interface) dalam program ini dalam menjalankan perintah dengan menggunakan
baris-baris, atau perintah dalam bentuk kata-kata.
Sedangkan GUI(Graphical User Interface) cara berinteraksi
dalam program ini adalah dengan menggunakan gambar-gambar,ikon,menu,widows. GUI
juga menggunakan perangkat penunjuk(pointer).
Antarmuka merupakan suatu bagian yang terpenting dalam
perancangan suatu sistem. Dalam merancang antarmuka harus memenuhi tiga syarat,
yaitu :
a.
Antarmuka harus sederhana
b.
Antarmuka harus lengkap
c.
Antarmuka harus memiiki kinerja yang cepat
Setiap antarmuka dalah sebuah bahasa pemograman yang sangat
kecil. Karena antarmuka menjelaskan sekumpulan objk-objek dan operasi-operasi
yang bisa digunakan untuk memanipulasi objek.
Sedangkan elemen-elemen dalam perancangan antarmuka adalah
:
a. Mendenifisikan konsep, yaitu mengumpulkan beberapa
kebutuhan pengguna dan mendefinisikan desain suatu program secara konseptual.
b.
Memvalidasi konsep, yaitu mengevaluasi konseptual desain
tersebut.
c. Merancang, yaitu mengevaluasi prototype, menandai dan
memperbaiki masalah-masalah yang ditemukan.
d. Pengembangan, yaitu melakukan pengujian secara berkala
terhadap desain program yang lebih dahulu dibuat dan desain program yang paling
akhir dibuat. Setelah itu menandai dan memperbaiki masalah-masalah yang
ditemukan.
Empat tahap utama dalam proses perancangan dan pengembangan
antarmuka adalah :
- Mengumpulkan atau menganalisa
informasi dari pengguna
- Merancang antarmuka
- Mengembangkan antarmuka
- Memvalidasi antarmuka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar